Kamis, 31 Maret 2011

Dari TKI Menjadi Dewan Tiga Kali

Agus Wahyuni

Borneo Tribune, Sambas

Tak ada yang tak mungkin untuk bisa meraih sukses. Kerja keras dan berani menerima tantangan, itulah kunci kesuksesan Darso, anggota DPRD Sambas priode 2009-2014 dari  partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP), dari daerah pemilihan tiga Sambas, dengan perolehan 1.800 suara. Kini ia menjabat sebagai wakil ketua DPRD Sambas.

Perjalanan untuk menuju  wakil rakyat tidaklah semulus yang dikira. Tidak pernah terpikirkan oleh Darso bisa duduk di kursi DPRD Sambas, apalagi duduk menjadi wakil rakyat tiga kali priode berturut- turut.

Namun ada hal terpenting yang ditanamkan dalam hidup Darso, baginya dimana ada kesempatan, adalah peluang untuk menang.

Sebelum mengawali dunia politik dan menjadi wakil rakyat, Darso adalah rakyat  biasa. Untuk bisa bertahan dan berbuat, banyak profesi yang ia lakoni.

Berbekal tamatan Sekolah Guru Olahraga(SGO) di Singkawang, Darso mulai mengawalinya menjadi guru olah raga di kecamatan Jawai, tempat kelahirannya, selama dua tahun.

Barangkali merasa honor yang didapat selama menjadi guru terlalu kecil bagi buatnya. Ia pun memutuskan hijrah mencari pekerjaan lain, yakni menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Disana ia bekerja selama 10 tahun, menjadi karyawan di kilang minyak dan beberapa perusahaan lainnya.

Selain di bekerja di Malaysia, ia juga pernah bakerja di Brunai Darussalam, salah satu perusahaan, selama empat tahun. Selain itu ia juga pernah menajalankan bisnis dagangan kacil-kecilan, mulai dari pakaian hingga produk barang lainnya.

Memasuki Pemilu legislatif pada 1999, ia pun memberanikan diri terjun menjadi calon legislatif, melalui  perahu PDIP. Meskipun dunia politik masih baru bagi Darso. Namun ia menganggap hal itu sebuah tantangan yang harus dicoba dan diketahui hasilnya.

Dari keyakinan tadi, ia pun terpilih menjadi wakil rakyat pertama kalinya. Hingga Pemilu 2004-2009 dan 2009-2014, ia masih dipercaya rakyat Sambas dari dapilnya untuk mengemban amanat rakyat, yakni perjuangan untuk rakyat, menuju peningkatan segala bidang.     

Darso sendiri adalah ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP  Kabupaten Sambas.selain dipartai, ia juga aktif di beberapa organisasi, diantaranya Koni Sambas, Pengurus Cabang (pengacab) PSSI Kabupaten Sambas, dan beberapa organisasi  kemasyarakatan lainnya, seperti organisasi kepemudaan.

Pencapaian sukses karir Darso juga tidak lepas dari dukungan keluarganya. Bersama istri tercintanya, Juhanis, Darso dianugerahi tiga orang anak, Gusti Nadi, Hamba Jaya, dan Ririn


      
    

0 komentar:

Posting Komentar